7 Alasan: Kenapa Saya Menggunakan Linux?

alasan menggunakan linux

Terkadang banyak orang yang sering bertanya "Linux itu apa sih?" terus disambung "Bedanya sama windows apa?". Dan kadang saya juga bingung untuk menjelaskan perbedaannya seperti apa, tapi setidaknya saya dapat memberikan 7 alasan kenapa saya menggunakan Linux.

  1. Linux itu gratis
    Terlepas dari persoalan halal / haram membajak software, saya menghargai usaha seseorang membuat sebuah aplikasi / software. Jadi daripada saya tidak menghargainya dengan membajak, apa salahnya saya menggunakan Sistem Operasi yang serupa fungsinya namun gratis. :-)
  2. Lebih Aman
    Aman dari serangan virus, malware, worm dan sebagainya. Karena kebanyakan virus komputer dibuat untuk aplikasi / software / OS berbayar. Kenapa demikian, karena kalo jebol sipembuat virus dapat mengambil keuntungan, misalnya menjual kelemahannya. Nah kalau Linux kan gratis, siapa yang mau bayar kalau jebol juga. hehehehe... (cuma logika saya sih.)
  3. Kompatible dengan segala jenis hardware
    Dari mulai spek rendah sampe super komputer sekalipun bisa menggunakan linux. Seperti komputer jadul saya yang hanya pentium 4 dan ram nya cuma 512, berat kalau dipasang windows 7 keatas, paling stabil windows xp tapi membosankan tampilannya. Kalo pakai linux lebih menarik tapi ga butuh spek besar juga.
  4. Mudah digunakan
    Walau belum ada riset juga, tapi menurut saya linux cukup mudah digunakan.
  5. Penuh dengan dukungan driver
    Ya, kalau nginstall windows ribet karena harus nginstall lagi driver hardwarenya. Apalagi kalau ga ada, mesti googling donlot sana-sini. Tapi linux sekali install beres udah langsung tinggal pake.
  6. Dukungan penuh komunitas
    Semua distro linux memiliki komunitas yang solid, saling membantu setiap ada kesulitan. Bisa ditemui di webnya langsung atau di socmed seperti fb.
  7. Banyak aplikasi dan mudah menginstallnya
    Ga perlu next-next-next kaya di windows, di linux tinggal search trus klik install tunggu beberapa saat sudah terpasang aplikasinya.

Nah sekian dulu yah, ini alasan pribadi saya saja. Jika ada yang tidak berkenan mohon tidak menjadi bahan perdebatan.
Silahkan mencoba,,,,
Salam OpenSource

0 comments:

Post a Comment