10 Aplikasi Linux Terbaik Untuk Recovery Data

recovery tools on linux
Berikut aplikasi yang dapat digunakan untuk recovery data di Linux. Data merupakan hal yang terpenting di era serba digital saat ini. Keamanan data merupakan hal yang sangat penting. Mengingat betapa sensitifnya data ini, terkadang ada saja hal atau kecerobohan yang menyebabkan data rusak / hilang / bahkan tempat (data storage)-nya yang rusak seperti harddisk atau flashdisk.

  1. KNOPPIX merupakan bootable CD untuk merecovery data dari harddisk yang rusak atau bad sector. Anda dapat mendownloadnya dan membakarnya ke dalam CD atau menggunakan flashdisk untuk mencoba alat ini. Namun KNOPPIX lebih menggunakan perintah terminal / CLI.

  2. Trinity Rescue Kit merupakan aplikasi gratis untuk Linux yang dibuat untuk repair and recover sebuah Sistem Operasi. Sangat mudah digunakan, untuk reset password, virus scanning, membersihkan harddisk. Boot menggunakan flashdisk untuk menggunakan TRK.
  3. Ddrescue
    ddrescue dapat digunakan untuk mengkopi isi disk yang rusak atau corrupt ke harddisk lainnya.
  4. TestDisk
    teskdisk merupakan software opensource yang diperuntukan untuk merecovery disk, dapat digunakan untuk memperbaiki partisi, mengembalikan partisi yang terhapus bahkan membuat ulang boot NTFS.
  5. Avira rescue System
    Avira Rescue System merupakan aplikasi untuk mengakses data yang berada dalam disk yang rusak. Dengan GUI nya Avira Rescue System membuat lebih mudah digunakan.
  6. Ubuntu Rescue Remix
    Merupakan OS yang dibuat untuk recovery dan forensic. Dilengkapi banyak aplikasi untuk melakukan forensic menjadikan bundle OS ini cukup populer dan banyak digunakan.
  7. GParted live
    GParted live CD dapat digunakan untuk memperbaiki, memperbesar/ memperkecil ruang partisi harddisk.
  8. System Rescue CD
    Untuk memperbaiki disk after crash, atau terjadi hal yang tidak terduga sehingga menyebabkan harddisk anda crash.
  9. Stellar
    Stellar dapat digunakan untuk recovery hard disk di linux. Support beberapa file system seperti Ext4, Ext3, FAT32, FAT16 and FAT12.  Stellar  juga dapat digunakan untuk mengembalikan file yang hilang, folder / isi hard disk.
  10. R-Studio
    Tool ini support berbagai file formats seperti Windows, FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, Solaris dan Macintosh. Anda dapat menggunakan R-Studio untuk menyelamatkan data anda.
Silahkan dicoba, namun sebagai saran dari saya jika anda akan menyelamatkan data dari hard disk sebaiknya jangan jadikan harddisk tersebut sebagai master. Karena akan sangan berbahaya, itu sebabnya tools di atas kebanyakan berdiri sendiri sebagai live CD.

0 comments:

Post a Comment